Telkom University (not in) 2012!! #opini

Assalamualaikum..

Bismillah..

2007

Tahun dimana saya diterima di sebuah sekolah tinggi bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Konon katanya kampus STT Telkom itu cukup ‘berkualitas’. Bahkan saya sendiri di kala itu tidak tau menau ttg STT Telkom. Barulah setelah ada pengumuman keterima, saya cari tau. Ternyata memang sudah cukup lama dikenal banyak orang. Alhamdulillah saya berkesempatan berkuliah di tempat yang memang sudah baik, di jurusan baru, S1 Teknik Komputer.  Bangga rasanya ketika itu mengenakan jas alamamater bertuliskan logo “STT Telkom”

2008

Tiga bulan berstatus menjadi “mahasiswa STT Telkom”, saya mendengar kabar bahwa STT Telkom akan bertransformasi menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Soft launching diadakan pada Desember 2007. Kemudian pada Februari 2008, diresmikan STT Telkom berubah menjadi IT Telkom. Perubahan ini terus diikuti oleh perubahan sistem di dalamnya, termasuk istilah ‘jurusan’ yang berubah menjadi ‘fakultas’. Jurusan Teknik Elektro tempat saya menimba ilmu dengan program studi Teknik Komputer, berubah menjadi Fakultas Elektro dan Komunikasi dengan program studi Sistem Komputer. Pada saat itu saya bangga, “eh, kita angkatan terakhir yang almamaternya STT Telkom lho”. Saya juga bingung mengapa bangga,haha. Sekedar untuk bercandaan saja.

2009

IT Telkom terus melebarkan sayapnya. Pada tahun 2009, IT Telkom menambah satu fakultas baru, yaitu Fakultas Sains dengan program studi S1 Teknik Fisika dan S1 Ilmu Komputasi. Proses perpanjangan akreditasi untuk beberapa program studi seperti S1 dan D3 Informatika serta S1 Teknik Industri juga dilakukan. Selain perpanjangan akreditasi,dilakukan juga  proses akreditasi untuk progarm studi baru, yaitu Sistem Komputer (my prodi,,yeaahh..:p). Program studi yang sudah terakreditasi sebelumnya mengalami pasang surut. Ada yang dari A menjadi B, ada pula yang dari B menjadi A.

2011

Di tahun ini saya akan lebih banyak mengulas mengenai program studi yang saya geluti, yaitu S1 Sistem Komputer (SK). Menjelang pelaksanaan sidang tugas akhir(TA), ternyata masa2 itu pula lah sedang dilaksanakan proses akreditasi. Beberapa hari setelah saya melaksanakan sidang TA, sekitar  awal Juli 2011, program studi SK tidak mengadakan sidang dikarenakan proses akreditasi berlangsung. Saya sendiri kurang paham mengenai detail dari pelaksanaan akreditasi itu sendiri. Hingga akhirnya pertengahan September 2011, program studi SK resmi mendapat akreditasi C. Sebuah poin yang wajar untuk program studi baru di sebuah institusi.

Beberapa minggu setelah lulus, saya kembali mendengar isu mengenai ‘Universitas Telkom 2012′. Mahasiswa sering menyebutnya UNTEL. UNTEL yang diwacanakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) pada tahun 2012 merupakan peleburan dari IT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom, dan STSI Telkom. Tentu saja isu ini mendapat respon yang sangat beragam. Ada yang pro dan ada yang kontra. Saya melihat fenomena pro-kontra itu dari jejaring sosial yang mayoritas mahasiswa kontra dengan hal ini.

Jika saya perhatikan, kebanyakan mengatakan kontra karena IT Telkom (saja) memiliki visi yang belum tercapai, yaitu World Class University 2017. Selain itu juga YPT terkesan ‘yang penting jadi univ dulu, yang lain belakangan’. Itu yang saya tangkap dari penjelasan teman2 saya yang masih aktif di BEM KBM IT Telkom(yang aktif mengkaji ke pihak YPT). Sedangkan yang pro, mereka beranggapan bahwa ‘jangan takut akan perubahan. ITT terlalu takut unutk mengikuti perkembangan zaman’. Kira-kira seperti itu.

Sebagai mahasiswa yang baru saja lulus dari ‘kandang’nya (fresh graduate), secara pribadi KONTRA dengan Universitas Telkom 2012. Berikut ini beberapa alasan saya.

1. Peningkatan Kualitas Program Studi Belum Merata

Progam studi Sistem Komputer baru saja terakreditasi C. Masih banyak program studi baru lainnya yang belum terakdreditasi (Teknik Elektro, Sistem Informasi, Teknik Fisika, Ilmu Komputasi..CMIIW). Dengan ruang lingkup universitas otomatis posisi program studi akan semakin ke bawah secara struktural. Hal ini menurut saya akan memperlambat proses akreditasi itu sendiri. Dari informasi yang saya dapat, IT Telkom itu sendiri nantinya akan dinamakan sejenis ‘fakutlas teknik’nya Untel.

2. Unsur’ Teknologi dan Telekomunikasi’-nya Akan ‘Saru’

Memang kenyataannya, institusi2 di bawah naungan Telkom, tidak lagi melakukan ikatan dinas dengan PT Telkom. Namun jika dilebur menjadi universitas, IT Telkom sebagai kampus yang sudah dikenal banyak orang sebagai kampus teknologi dan telekomunikasi akan ‘saru’ ketika digabung menjadi universitas. Jangankan UNTEL, IT Telkom saja, beberapa perusahaan menanyakan ‘Yang dulu STT Telkom ya?’ atau ‘Sekarang udah ga ikatan dinas ya?’ Masih banyak pihak yang belum mengetahui perubahan dari STT Telkom menjadi ITT. Bisa jadi keprofesionalitasan IT Telkom di bidang teknologi dan telekomunikasi diragukan.

3. Wujudkan Dulu ‘WCU 2017′-nya IT Telkom

Saya yakin, IM Telkom, Politeknik Telkom, dan STSI Telkom memiliki visi juga beberapa tahun ke depan, meski saya tidak tahu persis. Sebagai lulusan IT Telkom, saya sangat PRO dengan IT Telkom goes to WCU 2017. Rektor IT Telkom sudah memiliki grand design untuk menuju WCU tersebut. Apa jadinya jika UNTEL sudah mau direalisasikan tahun 2012? Tentunya tidak sejalan dengna WCU 2017 yang sudah dirancang. Butuh banyak perubahan sana-sini. Entah maksud dari WCU, U-nya itu UNTEL atau bukan. Tapi yang saya tangkap, WCU 2017 adalah visi IT Telkom (saja). Untuk menuju WCU 2017 saja masih banyak PR(mulai dari sistem registrasi yang sering bermasalah, SDM, dll), ditambah lagi ‘pelebaran sayap yang dipaksakan’, pasti akan semakin banyak PR nya.

Saat ini,sebagai lulusan IT Telkom, saya memang belum bekerja di sebuah perusahaan dan masih dalam proses rekrutmen. Jadi ungkapan saya di atas tanpa melihat realita dunia kerja memandang lulusan IT Telkom seperti apa. Saya menulis sebagai ‘orang yang pernah kuliah di IT Telkom’. Intinya pesan saya untuk YPT adalah dimulai dari hal kecil terlebih dahulu. Kesampingkan kepentingan komersil, dan libatkan semua elemen (hingga elemen terkecil) untuk perubahan besar.

Hari ini (Kamis, 22 September 2011 pkl 15.00) BEM KBM IT Telkom mengadakan FGD untuk kajian UNTEL 2012 ini. Saya memang tidak bisa menghadiri, namun saya berharap tulisan ini bisa sedikit membuka sisi lain dari hati yang membacanya. Saya titipkan kepada teman2 mahasiswa dan rekan2 lainnya untuk mengedepankan kepentingan kampus kita bersama ini, Institut Teknologi Telkom.

53 thoughts on “Telkom University (not in) 2012!! #opini

  1. Zona Remaja says:

    nice.., aku juga menolak UNTEL..,!
    salam mahasiswa ITTelkom..! :)

  2. labdaskomitt says:

    tulisannya bagus sekali,
    jelas saya menolak UNTEL

    #mahasiswaIlmuKomputasi

  3. ANSORI says:

    kita liat aj pasti jdi tu yang nma_a UT..

  4. A.R.U says:

    Mba, setiap tahunnya S1 Teknik Komputer nerima brp mahasiswa?

  5. emang logo untel kyak gitu y tih :p
    gw dpet di grup lab ada prototipe logo untel, tp tidak diketauhi keabsahannya

  6. Aska says:

    UT Kan Akan Disahkan Secara Legal pada Pertengahan Maret 2012 Bukan

  7. Arya says:

    nama saya Muhammad Aryaloka Mandala, saya mahasiswa Politeknik Telkom angkatan 2011 saya juga tidak setuju

  8. farhan says:

    mau nanya ttg S1 sistem informasi IT Telkom. kan saya diterima disana. awalnya juga kayak kakak,yang cuman nyoba nyoba.tanpa tahu kayak apa. cuman yang saya bingungin kan SI ini belum dikareditasi,apakah ini akan mengganggu proses penerimaan kerja nanti saat lulus lulusan?

    • rthdwiastuti says:

      farhan : selamat datang di IT Telkom..: )
      S1 Sistem Informasi (SI) berada di bawah naungan Fakultas Rekayasa Industri.
      TIdak usah khawatir tentang akreditasi. Untuk lapangan pekerjaan, amat jarang perusahaan yang melihat akreditasi.
      Nama IT Telkom saja, insyaALlah sudah cukup baik.
      Yang perlu dilakukan menurut saya, mengasah sebaik mungkin hardskill dan softskill kita selama kuliah di ITT.
      Bahkan kalau saya lihat, industri di bidang sistem informasi sedang berkembang pesat.
      Saat ini saya juga bekerja di konsultan sistem informasi untuk SDM perusahaan-perusahaan.

  9. Elevanita says:

    bagaimana prospek kerja untuk teknik industri telkom? saya masih bingung akan tetap ambil telkom atau mengajukan pengunduran diri. Tolong infonya ka

    • rthdwiastuti says:

      kalau yg sy tau dr tmn2 di teknik industri, prospek kerja bagus.
      karena teknik industri tidak hanya fokus pada bidang2 teknis, tetapi juga manajerial.
      kalau saya perhatikan teman2 yg sdh kerja, ada yg di bidang human resources, operasional dan infrastruktur IT, konsultan.
      cukup luas..: )

  10. Lia says:

    ka, kalo lulusan SK dapet gelar apa nanti?

  11. bintang says:

    maaf, saya mau nanya. saya perempuan lalu masuk sistem komputer. nah, kalo Sistem Komputer itu untuk di telkom sendiri, bagaimana persentase mahasiswinya? dan setelah lulus darisana biasanya bekerjanya dimana? dan yang dipelajari apa saja? terima kasih, mohon jawabannya :)

    • rthdwiastuti says:

      prosentasi mahasiswi waktu saya kuliah (angkatan 2007) kira2 20% dalam 1 angkatan, sisanya laki-laki. semakin ke sini, nampaknya jumlahnya sudah hampir seimbang.
      setelah lulus beraneka ragam. karena tiap lapangan pekerjaan hampir bisa dipastikan membutuhkan ahli teknik komputer, mulai dari software, hardware, hingga jaringan. jadi tidak perlu khawatir insyaAllah..: )

  12. arnold siahaan says:

    kak kalu jurusan ilmu komputasi bagus ngak?
    Skarang kakak udah kera dimana ya?
    Lulusan nya cepat nya di serap kerja kak?

  13. Agie says:

    Selamat datang di Telkom University

  14. Tri Sigit says:

    permisi, kak saya sigit. Saya sebentar lg mau UN dan kuliah. Saya tertarik sama program studi S1 Teknik komputer di telkom. Kalo boleh tau yg dipelajari apa aja? Dan pekerjaan apa yg dominan di dapat dari lulusan S1 teknik komputer. Trimakasih. Mohon jawaban nya. :)

    • rthdwiastuti says:

      maaf baru bisa membalas. ketika saya masuk it telkom (sekarang “telkom university”) masih menggunakan kurikulum yang lama. saat itu tahun 2007, program studi teknik komputer baru saja berdiri. saat itu, saya mempelajari dasar2 dari ilmu eksakta di tahun pertama (fisika, kalkulus, matematika diskrit, pemrograman dasar, dll), tahun kedua mulai masuk ke dasar elektronika (rangkaian listrik, mikroprosesor, dll), tahun ketiga sudah memasuki jaringan komputer, dan tahun keempat implementasi tingkat lanjut dari tahun kedua dan ketiga.

      silakan follow twitter @skittelkom untuk informasi yang lebih update.

      untuk masalah lapangan pekerjaan, perusahaan apapun membutuhkan cara berpikir lulusan teknik komputer. jangan lupa saat kuliah, imbangi dengan kegiatan sosial dan pengembangan softskill (komunikasi, manajemen waktu, dll) ya, supaya lebih siap ketika memasuki dunia kerja.

      semoga sukses!! : )

  15. al hazmi says:

    bagi para otaku/geek yg anti sosial dan selalu mengurung dirinya dan menggunakan komputer sebgai jndla dunia, tel u adlah tmpat idman mereka. sya percya orng di tel u sngat hbt dan ahli tech… kmi hnya ingin mewujudkan hoby dan pemikiran tntng tech yg slalu di pndm… sukses selalu,biaya bkan mslah…

    go telkom university

  16. Ujik says:

    Kira” prospek kedepan dan biaya Teknik industri di IT telkom gimana ?

  17. Trihandy says:

    Kak, mau tanya jurusan paling bagus di telkom university teknik apa? Prospek kerjanya gimana? Berhubung saya barusan diterima S1 Teknik Telekomunikasi
    Mohon penjelasannya

    • rthdwiastuti says:

      semua jurusan bagus, tinggal bagaimana kita menjalaninya. prospek kerja tergantung dari diri kita, bukan dari jurusan atau kampus. terdengar klasik memang, tetapi memang kenyataannya dunia kerja membutuhkan orang-orang yang bisa “membahasakan” pengalaman selama kuliah ke kebutuhan dunia kerja (industri).
      selamat berjuang dan semoga sukses! : )

  18. tania almira says:

    Hai ka! Saya tania :) saya diterima di telkom jurusan sistem informasi lewat jalur jpa. Saya masih bingung ka, sistem informasi itu belajarnya apa aja? Apakah stlh saya lulus akan disalurkan di perusahaan2 yg berada dibawah naungan telkom? Oiya ka, di telkom itu sering ada beasiswa ga? Makasih ya kaaa

  19. Cyntia Lupita says:

    assalamualaikum:) maaf sebelumnya, saya mau konsultasi. saya diterima di d3 manajemen pemasaran, TA 2014/2015. prospek nantinya setelah lulus susah atau mudah kak mencari pekerjaan? karna hanya d3, dan menurut kakak, saya setelah lulus d3 harus bekerja satu tahun dulu dan melanjutkan s1 di telkom atau lulus langsung ke s1-nya? mohon dijawab ya kak:”)

    • rthdwiastuti says:

      walaikumsalam. jujur saya kurang paham dengan d3 manajemen pemasaran. kalau saya menjadi Cyntia, saya akan kuliah d3 lalu kemudian langsung melanjutjan S1, baru kemudian terjun ke dunia kerja.
      semoga sukses! :D

      • anri says:

        asalamualaikum kak,selamat malam,kak mau tanya dong,saya keterima di d3 manajemen pemasaran,nah saya baru tau pas udah keterimanya kalo akreditasinya itu “C” yang mau saya tanyain,manajemen pemasaran itu ntar nya prospek kerja nya gimana,terus akreditasinya itu ngaruh ngga sih sama prospek kerjanyaa..

      • rthdwiastuti says:

        Saya sendiri lulusan dari fakultas teknik, sehingga kurang memahami dengan manajemen pemasaran. Setahu saya, yang namanya “pemasaran” adalah core business dari semua sektor saat ini. Sehingga pasti dibutuhkan di industri apapun. Kembali lagi ke diri kita, jika akreditasi C tetapi kita mampu membuktikan bahwa kualitas kita “A”, tidak menjadi masalah. Terima kasih, semoga bermanfaat :)

  20. robby says:

    Assalamualaikum kakak senior,saya mau nanya,kalo jurusan S1 Ilmu Komunikasi itu yg dipelajari apa ya,dan prospek kerjanya gmna apa msih berada dinaungan telkom itu sendiri,dan kalo lulus2an itu gelarnya apa,soalnya jurusan itu kan gag masuk di fakultas teknik,dan mo nanya lg dulu kakak masuk telkom lewat jalur seleksi apa ya?mohon di bls ya kak,thanks :)

    • rthdwiastuti says:

      walaikumsalam. gak usah panggil kakak senior, panggil Ratih aja : )
      kalo ilmu komunikasi itu ranah ilmu sosial, jadi mungkin gelarnya S.Sos. setau saya, prospek kerjanya ya cukup banyak. telkom university tidak lagi ikatan dinas. sehingga lulusan2 telkom university justru diberi kebebasan setelah lulus, mau bekerja dimana, mau jadi pengusaha, semuanya diserahkan ke pribadi masing2.

      FYI, saya dulu masuk STT Telkom tahun 2007 jalur ujian biasa. kemudian tahun 2008, STT Telkom diubah namanya menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Seiring waktu berjalan, Yayasan Pendidikan Telkom (YPT, pendiri lembaga2 pendidikan telkom) menyatukan seluruh lembaga pendidikan tinggi dalam Telkom University. Itupun setelah saya lulus, sehingga detik inipun saya tidak tau menau kondisi kampus seperti apa. Tetapi kurang lebih seperti itu gambaran mengenai ilmu komunikasi. Prospek kerja bukan soal kampus mana dan jurusan, tetapi bagaimana kemampuan mengolah “ilmu kampus (tidak sebatas ilmu kuliah, bisa organisasi dan kegiatan sosial lainnya)” ke dalam kebutuhan industri (perusahaan2).

      Semoga bermanfaat ; )

  21. Cyntia Lupita says:

    maaf ya kak, boleh minta id line atau pin bb atau id chatting yg ada gk kak? saya pen curhat ttg telkom, minta pendapat dr yg senior disana kak karena saya lagi dilema akut kak. please:”)

  22. Cyntia Lupita says:

    yaudah kak gpp, email nya apa ya kak? =)

  23. tata says:

    wah saya baru tahu loh ada masalah tentang perubahan jadi Telkom university ini. untuk masalah akreditas setau saya sih sangat penting di dunia kerja mas. soalnya kata teman2 saya yg udah kerja, akreditas itu penting sekali. tel-u kalo ga salah B yah? saya baru searching segala hal tentang tel-u ini malam sebelum pengumuman kelulusan masuk tel-u loh(jadi saat ini saya belum tau saya lulus apa engga) yah karna tau beberapa ‘masalah’ tel-u munhkin jika saya lulus tapi ga dapet beasiswanya saya ga ngambil tel-u. tapi semoga saya 2014 ini secepatnya tel-u berakreditas A dan tidak mempunyai masalah. amin.
    btw mas, lulusan kayak mas dan teman2 mas rata2 ke perusahaan mana? gimana dgn kerjaan mas sekarang? mohon dijawab. terima kasi :)

    • rthdwiastuti says:

      terima kasih. yang namanya institusi pendidikan baru berdiri selama kurang lebih 23 tahun memang selalu ada saja masalahnya, karena sedang berkembang. Saat ini lulusan Telkom jauh lebih beragam. Tentang pekerjaan jelas berbeda-beda, tergantung minat masing2. ada yang di industri telekomunikasi, IT (mulai dari development hingga infrastruktur), perbankan, retail, hampir di semua sektor ada. Saat ini saya sedang berada di industri IT development di sebuah perusahaan milik Jepang. Bahkan tidak sedikit pula yang memilih menjadi seorang pengusaha. Yang perlu digaris bawahi, bahwa kuliah bukan sekedar untuk mencari pekerjaan, tetapi membentuk pola pikir kreatif&out of the box, supaya bisa bertahan di kompetisi semakin ketat. Oh ya, saya bukan mas, panggil saja Ratih. Pilihan Tata mau bergabung di Telkom University atau tidak, kampus mana saja baik, asalkan niat kita belajar dan terus berkembang selalu ada. Terima kasih sudah berkunjung :)

  24. mutia says:

    ass.mau tanya kak..sya mutia dien r. sya di trima di D3 manajmen informatika.pdahal yg sya inginkan S1 tehnik informatika..mnurut kakak ambil jgn ya D3 nya…trus klw mau lanjutin ke S1 nya susah dan ribed gk nantinya..trima kasih kak

    • rthdwiastuti says:

      walaikumsalam. D3 atau S1 tidak berbeda jauh. justru saya melihat teman-teman saya yang D3 lalu lanjut S1 lebih mantap karena basic technical skills nya lebih banyak. Setelah lulus D3 bisa kuliah sambil kerja juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s